A. Masa Hidup Imam Al- Ghazali
1. Tempat Kelahiran Imam Al- Ghazali
Imam
Al-Ghazali nama lengkapnya adalah Abu Hamid Muhammad Ibnu Muhammad Al-Ghazali,
yang terkenal dengan hujjatul Islam (argumentator islam) karena jasanya yang
besar di dalam menjaga islam dari pengaruh ajaran bid’ah dan aliran
rasionalisme yunani. Beliau lahir pada tahun 450 H, bertepatan dengan 1059 M di
Ghazalah suatu kota kecil yang terlelak di Thus wilayah Khurasah yang waktu itu
merupakan salah satu pusat ilmu pengetahuan di dunia islam.[1]
Beliau dilahirkan dari keluarga yang sangat sederhana, ayahnya adalah
seorang pengrajin wol sekaligus sebagai pedagang hasil tenunannya, dan taat beragama,
mempunyai semangat keagamaan yang tinggi, seperti terlihat pada simpatiknya
kepada ‘ulama dan mengharapkan anaknya menjadi ‘ulama yang selalu memberi
nasehat kepada umat.
Itulah
sebabnya, ayahnya sebelum wafat menitipkan anaknya (imam al-Ghazali) dan
saudarnya (Ahmad), ketika itu masih kecil dititipkan pada teman ayahnya,
seorang ahli tasawuf untuk mendapatkan bimbingan dan didikan.[2]
Meskipun dibesarkan dalam keadaan keluarga yang sederhana tidak menjadikan
beliau merasa rendah atau malas, justru beliau semangat dalam mempelajari
berbagai ilmu pengetahuan, dikemudian beliau menjelma menjadi seorang ‘ulama
besar dan seorang sufi. Dan diperkirakan imam Ghazali hidup dalam kesederhanaan
sebagai seorang sufi sampai usia 15 tahun (450-456)[3]
2. Pendidikan dan Perjalanan Mencari Ilmu
Perjalanan imam Ghazali dalam memulai pendidikannya di wilayah
kelahirannya. Kepada ayahnya beliau belajar Al-qur’an dan dasar-dasar ilmu
keagamaan ynag lain, di lanjutkan di Thus dengan mempelajari dasar-dasar
pengetahuan. Setelah beliau belajar pada teman ayahnya (seorang ahli tasawuf),
ketika beliau tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan keduanya, beliau mengajarkan
mereka masuk ke sekolah untuk memperoleh selain ilmu pengetahuan. Beliau
mempelajari pokok islam (al-qur’an dan sunnah nabi).Diantara kitab-kitab hadist
yang beliau pelajari, antara lain :
a. Shahih Bukhori, beliau belajar dari Abu Sahl Muhammad bin Abdullah Al
Hafshi
b. Sunan Abi Daud, beliau belajar dari Al Hakim Abu Al Fath Al Hakimi
c. Maulid An Nabi, beliau belajar pada dari Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad
Al Khawani
d. Shahih Al Bukhari dan Shahih Al Muslim, beliau belajar dari Abu Al
Fatyan ‘Umar Al Ru’asai.[4]
Begitu pula diantarnya bidang-bidang ilmu yang di kuasai imam al-Ghazli
(ushul al din) ushul fiqh, mantiq, flsafat, dan tasawuf[5]
Santunan
kehidupan sebagaimana lazimnya waktu beliau untuk belajar fiqh pada imam
Kharamain, beliau dalam belajar bersungguh-sungguh sampai mahir dalam madzhab,
khilaf (perbedaan pendapat), perdebatan, mantik, membaca hikmah, dan falsafah,
imam Kharamain menyikapinya sebagai lautan yang luas.[6]
Setelah imam kharamain wafat kemudian beliau pergi ke Baghdad dan mengajar
di Nizhamiyah. Beliau mengarang tentang madzhab kitab al-basith, al- wasith,
al-wajiz, dan al- khulashoh. Dalam ushul fiqih beliau mengarang kitab
al-mustasfa, kitab al- mankhul, bidayatul hidayah, al-ma’lud filkhilafiyah,
syifaal alil fi bayani masa ilit dan kitab-kitab lain dalam berbagai fan.[7]
Antara tahun 465-470 H. imam Al-Ghazali belajar fiqih dan ilmu-ilmu dasar
yang lain dari Ahmad Al- Radzaski di Thus, dan dari Abu Nasral Ismailli di
Jurjan. Setelah imam al-Ghazali kembali ke Thus, dan selama 3 tahun di tempat
kelahirannya, beliau mengaji ulang pelajaran di Jurjan sambil belajar tasawuf kekpada
Yusuf Al Nassaj (w-487 H). pada tahun itu imam Al-Ghazali berkenalan dengan
al-Juwaini dan memperoleh ilmu kalam dan mantiq. Menurut Abdul Ghofur itu
Ismail Al- Farisi, imam al-Ghozali menjadi pembahas paling pintar di zamanya.
Imam Haramain merasa bangga dengan pretasi muridnya.
Walaupun kemashuran telah diraih imam al Ghazali beliau tetap setia
terhadap gurunya sampai dengan wafatnya pada tahun 478 H. sebelum al Juwani
wafat, beliau memperkenalkan imam al Ghazali kepada Nidzham Al Mulk, perdana
mentri sultan Saljuk Malik Syah, Nidzham adalah pendiri madrasah al
nidzhamiyah. Di Naisabur ini imam al Ghazali sempat belajar tasawuf kepada Abu
Ali Al Faldl Ibn Muhammad Ibn Ali Al Farmadi (w.477 H/1084 M).[8]
Setelah gurunya wafat, al Ghazali meninggalkan Naisabur menuju negri Askar
untuk berjumpa dengan Nidzham al Mulk. Di daerah ini beliau mendapat kehormatan
untuk berdebat dengan ‘ulama. Dari perdebatan yang dimenengkan ini, namanya
semakin populer dan disegani karena keluadan ilmunya. Pada tahun 484 H/1091 M,
imam al Ghazali diangkat menjadi guru besar di madrasah Nidzhamiyah, ini
dijelaskan salam bukunya al mungkiz min dahalal. Selama megajar di madrasah
dengan tekunnya imam al Ghozali mendalami filsafat secara otodidak, terutama
pemikiran al Farabi, Ibn Sina Ibn miskawih dan Ikhwan Al Shafa. Penguasaanya
terhadap filsafat terbukti dalam karyanya seperti al maqasid falsafah tuhaful
al falasiyah.[9]
Pada tahun 488 H/1095 M, imam al Ghazali dilanda keraguan (skeptis)
terhadap ilmu-ilmu yang dipelajarinya (hukum teologi dan filsafat). Keraguan
pekerjaanya dan karya-karya yang dihasilkannya, sehingga beliau menderita
penyakit selama dua bulan dan sulit diobati. Karena itu, imam al Ghazali tidak
dapat menjalankan tugasnya sebagai guru besar di madrasah nidzhamiyah, yang
akhirnya beliau meninggalkan Baghdad menuju kota Damaskus, selam kira-kira dua
tahun imam al Ghazali di kota Damaskus beliau melakukan uzlah, riyadah, dan
mujahadah. Kemudian beliau pihdah ke Bait al Maqdis Palestina untuk melakukan
ibadah serupa. Sektelah itu tergerak hatinya untuk menunaikan ibadah haji dan
menziarohi maqom Rosulullah Saw.[10]
Sepulang dari tanah suci, imam al Ghazali mengunjungi kota kelahirannya di
Thus, disinilah beliau tetap berkhalwat dalam keadaan skeptis sampai
berlangsung selama 10 tahun. Pada periode itulah beliau menulis karyanya yang
terkenal ” ihya’ ‘ulumuddin al-din” the revival of the religious ( menghidupkan
kembali ilmu agama).[11]
Karena disebabkan desakan pada madrasah nidzhamiyah di Naisabur tetapi
berselang selam dua tahun. Kemudian beliau madrasah bagi para fuqoha dan
jawiyah atau khanaqoh untuk para mustafifah. Di kota inilah (Thus) beliau wafat
pada tahun 505 H / 1 desember 1111 M.[12]
Abul Fajar al-Jauzi dalam kitabnya al asabat ‘inda amanat mengatakn, Ahmad
saudaranya imam al Ghazali berkata pada waktu shubuh, Abu Hamid berwudhu dan
melakukan sholat, kemudian beliau berkata : Ambillah kain kafan untukku
kemudian ia mengambil dan menciumnya lalu meletakkan diatas kedua matanya,
beliau berkata ” Aku mendengar dan taat untuk menemui Al Malik kemudian
menjulurkan kakinya dan menghadap kiblat. Imam al Ghazali yag bergelar hujjatul
islam itu meninggal dunia menjelang matahari terbit di kota kelahirannya (Thus)
pada hari senin 14 Jumadil Akir 505 H (1111 M). Imam al Ghazali dimakamkan di
Zhahir al Tabiran, ibu kota Thus.[13]
B. Guru dan Panutan Imam Al Ghazali
Imam al Ghazali dalam perjalanan menuntut ilmunya mempunyai banyak guru,
diantaranya guru-guru imam Al Ghazali sebagai berikut :
1. Abu Sahl
Muhammad Ibn Abdullah Al Hafsi, beliau mengajar imam Al Ghozali dengan kitab
shohih bukhori.
2. Abul Fath Al Hakimi At Thusi, beliau mengajar imam Al Ghozali dengan
kitab sunan abi daud.
3. Abdullah Muhammad Bin Ahmad Al Khawari, beliau mengajar imam Ghazali
dengan kitab maulid an nabi.
4. Abu Al Fatyan ‘Umar Al Ru’asi, beliau mengajar imam Al Ghazali dengan kitab
shohih Bukhori dan shohih Muslim.[14]
Dengan demikian guru-guru imam Al Ghazali tidak hanya mengajar dalam bidang
tasawuf saja, akan tetapi beliau juga mempunyai guru-guru dalam bidang lainnya,
bahkan kebanyakan guru-guru beliau dalam bidang hadist.
C. Murid-Murid Imam Al Ghazali
Imam Al Ghazali mempunyai banyak murid, karena beliau mengajar di madrasah
nidzhamiyah di Naisabur, diantara murid-murid beliau adalah :
1. Abu Thahir Ibrahim Ibn Muthahir Al- Syebbak Al Jurjani (w.513 H).
2. Abu Fath
Ahmad Bin Ali Bin Muhammad Bin Burhan (474-518 H), semula beliau bermadzhab
Hambali, kemudian setelah beliau belajar kepada imam Ghazali, beliau bermadzhab
Syafi’i. Diantara karya-karya beliau al ausath, al wajiz, dan al wushul.
3. Abu
Thalib, Abdul Karim Bin Ali Bin Abi Tholib Al Razi (w.522 H), beliau mampu
menghafal kitab ihya’ ‘ulumuddin karya imam Ghazali. Disamping itu beliau juga mempelajari fiqh kepada imam Al Ghazali.
4. Abu Hasan Al Jamal Al Islam, Ali Bin Musalem Bin Muhammad Assalami
(w.541 H). Karyanya ahkam al khanatsi.
5. Abu Mansur Said Bin Muhammad Umar (462-539 H), beliau belajar fiqh pada
imam Al Ghazali sehingga menjadi ‘ulama besar di Baghdad.
6. Abu Al Hasan Sa’ad Al Khaer Bin Muhammad Bin Sahl Al Anshari Al Maghribi
Al Andalusi (w.541 H). beliau belajar fiqh pada imam Ghozali di Baghdad.
7. Abu Said Muhammad Bin Yahya Bin Mansur Al Naisabur (476-584 H), beliau
belajar fiqh pada imam Al Ghazali, diantara karya-karya beliau adalah al mukhit
fi sarh al wasith fi masail, al khilaf.
8. Abu Abdullah Al Husain Bin Hasr Bin Muhammad (466-552 H), beliau belajar
fiqh pada imam Al Ghazali. Diantar karya-karya beliau adalah minhaj al tauhid
dan tahrim al ghibah.[15]
Dengan demikian imam al ghozali memiliki banyak murid. Diantara murid–murid
beliau kebanyakan belajar fiqh. Bahkan diantara murid- murid beliau menjadi
ulama besar dan pandai mengarang kitab.
D. Karya-Karya Imam Al Ghazali
Imam Al
Ghozali termasuk penulis yang tidak terbandingkan lagi, kalau karya imam Al
Ghazali diperkirakan mencapai 300 kitab, diantaranya adalah :
1. Maqhasid al falasifah (tujuan para filusuf), sebagai karangan yang
pertama dan berisi masalah-masalah filsafah.
2. Tahaful al falasifah (kekacauan
pikiran para filusifi) buku ini dikarang sewaktu berada di Baghdad di kala
jiwanya di landa keragu-raguan. Dalam buku
ini Al Ghazali mengancam filsafat dan para filusuf dengan keras.
3. Miyar al ‘ilmi/miyar almi (kriteria ilmu-ilmu).
4. Ihya’ ulumuddin (menghidupkan kembali ilmu-ilmu agama). Kitab ini
merupakan karyanya yang terbesar selama beberapa tahun ,dalam keadaan
berpindah-pindah antara Damakus, Yerusalem, Hijaz, Dan Thus yang berisi panduan
fiqih, tasawuf dan filsafat.
5. Al munqiz min al dhalal
(penyelamat dari kesesatan) kitab ini merupakan sejarah perkembangan alam
pikiran Al Ghazali sendiri dan merefleksikan sikapnya terhadap beberapa macam
ilmu serta jalan mencapai tuhan.
6. Al-ma’arif al-aqliyah (pengetahuan yang nasional)
7. Miskyat al anwar (lampu yang bersinar), kitab ini berisi pembahasan
tentang akhlak dan tasawuf.
8. Minhaj al abidin (jalan mengabdikan diri terhadap tuhan).
9. Al iqtishad fi al i’tiqod (moderisasi dalam aqidah).
10. Ayyuha al walad.
11. Al musytasyfa
12. Ilham al –awwam an ‘ilmal kalam.
13. Mizan al amal.
14. Akhlak al abros wa annajah min al asyhar (akhlak orang-orang baik dan
kesalamatan dari kejahatan).
15. Assrar ilmu addin (rahasia ilmu agama).
16. Al washit (yang pertengahan) .
17. Al wajiz (yang ringkas).
18. Az-zariyah ilaa’ makarim asy syahi’ah (jalan menuju syariat yang mulia)
19. Al hibr al masbuq fi nashihoh al mutuk (barang logam mulia uraian
tentang nasehat kepada para raja).
20. Al mankhul minta’liqoh al ushul (pilihan yang tersaing dari noda-noda
ushul fiqih).
21. Syifa al qolil fibayan alsyaban wa al mukhil wa masalik at ta’wil (obat
orang dengki penjelasan tentang hal-hal samar serta cara-cara penglihatan).
22. Tarbiyatul aulad fi islam (pendidikan anak di dalam islam)
23. Tahzib al ushul (elaborasi terhadap ilmu ushul fiqiha).
24. Al ikhtishos fi al ‘itishod (kesederhanaan dalam beri’tiqod).
25. Yaaqut at ta’wil (permata ta’wil dalam menafsirkan al qur’an).[16]
BAB TAMBAHAN
KESETIAAN
IMAM AL GHAZALI KEPADA GURUNYA.
Walupun kemashuran telah diraih imam al-ghazali beliau tetap setia terhadap
gurunya dan tidak meninggalkannya sampai dengan wafatnya pada tahun 478 H.
sebelum al-Juwami wafat, beliau memperkenalkan imam al-Ghazali kepada Nidham Al
Mulk, perdana mentri sulatan Saljuk Malik Syah, Nidham adalah pendiri madrasah
al- nidzamiyah. Di Nashabur ini imam al Ghazali sempat belajar tasawuf kepada
Abu Ali Al Fadl Ibn Muhammad Ibn Ali Al Farmadi (w. 477 H/1084 M)[17]
Setelah gurunya wafat, Al Ghazali meninggalkan Naisabur menuju negri Askar
untuk berjumpa dengan Nidzham Al Mulk. Di daerah ini beliau mendapat kehormatan
untuk berdebat dengan para ‘ulama. Dari perdebatan yang dimenangkan ini,
namanya semakin populer dan desegani karena keluasan ilmunya. Pada tahun 484
H/1091 M, imam al-Ghazali diangkat menjadi guru besar di madrasah Nidhzamiyah,
ini dijelaskan dalam bukunya al mungkiz min al dahalal. Selama mengajar di
madrasah dengan tekunnya imam al Ghazali mendalami filsafat secara otodidak,
terutama pemikiran al Farabi, Ibn Sina Ibn Miskawih dan Ikhwan Al
Shafa.penguasaanya terhadap filsafat terbukti dalam karyanya seperti Falsafah
Tuhfatul Al Falasifah.[18]
Pada tahun 488 H / 1095 M, imam al Ghazali dilanda keraguan(ekeptis)
trhadap ilmu-ilmu yang dipelajari(hukum teologi dan filsafat). Keraguan
pekerjaannya dan karya-karya yang dihasilkannya, sehungga beliau menderita
penyakit selam adua bulan
http://s4h4.wordpress.com/2008/11/30/biografi-imam-ghazali/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar